Yunita3504’s Blog

13 Pesan Dasar Gizi Seimbang

13 Pesan Dasar Gizi Seimbang

  1. Makanlah aneka ragam makanan

Yang terdiri dari : Zat tenaga, Zat Pembangun, Zat pengatur

  1. Makanlah makanan untuk memenuhi kebutuhan energi

Konsumsi energi berlebihan/ melebihi kecukupan akan disimpan dalam tubuh sebagai cadangan dalam tubuh dalam bentuk lemak atau jaringan lain. Kelebihan cadangan dlam bentuk lemak dalam tubuh mengakibatkan kegemukan disertai berbagai gangguan kesehatan. Sedangkan apabila konsumsi energi kurang, energi dalam tubuh akan digunakan untuk menutupi kekurangan tersebut, sehingga terkadang mengakibatkan menurunnya produtivitas kerja, merosotnya prestasi belajar , dan olah raga.

  1. Makanlah makanan sumber karbohidrat, setengah dari kebutuhan energi
  2. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kecukupan energi

Lemak dan minyak yang terdapat di dalam makanan berfungsi untuk : meningkatkan jumlah energi, membantu penyerapan vitamin-vitamin (A, D, E, dan K), menambah lezatnya hidangan . Konsumsi lemak dan minyak paling sedikit 10% dari kebutuhan energi dan tidak lebih dari 25% dari kebutuhan energi. Lebih baik menggunakan lemak dan minyak nabati, karena mudah dicerna oleh tubuh, selain itu kurangi konsumsi makanan bersantan dan yang digoreng

  1. Gunakan garam beriodium

Garam beryodium adalah garam yang telah diperkaya dengan KIO3 (Kalium iodat) sebanyak 30-80 ppm. Dianjurkan untuk mengkonsumsi garam tidak lebih dari 6 gram per orang per hari atau satu sendok teh setiap hari

  1. Makanlah makanan sumber zat besi

Kekurangan zat besi dalam makanan sehari-hari secara berkelanjutan akan mengakibatkan penyakit anemia gizi atau yang dikenal dengan masyarakat sebagai penyakit kurang darah

  1. Berikan ASI saja kepada bayi sampai berumur 6 bulan

ASI merupakan anugrah yang diberikan Tuhan dan makanan terbaik bagi bayi. Terdapat 3 aspek kelebihan pemberian ASI, yaitu: aspek gizi, kekebalan, dan kejiwaan. Berikan ASI sesegera mungkin setelah dilahirkan (30 menit setelah melahirkan) merangsang produksi ASI selanjutnya.

  1. Biasakan makan pagi

Manfaat makan pagi bagi orang dewasa adalah memelihara ketahanan fisik, mempertahankan daya tahan saat bekerja dan meningkatkan produktivitas kerja. Bagi anak sekolah ,makan pagi dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan memudahkan menyerap pelajaran, sehingga prestasi belajar menjadi lebih baik.

  1. Minumlah air bersih, aman dan cukup jumlahnya

Air dalam tubuh memiliki fungsi : melancarkan transportasi zat gizi dalam tubuh, mengatur keseimbangan cairan dan garam mineral, mengatur suhu tubuh, melancarkan dalam proses buang air besar dan kecil. airan yang dikonsumsi seseorang, terutama air minum, sekurang-kurangnya dua liter atau setara dengan delapan gelas setiap hari. Mengkonsumsi cukup cairan dapat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh, dan dapat menurunkan risiko penyakit batu ginjal.

  1. Lakukan kegiatan fisik dan olah raga

Kegiatan fisik dapat meningkatkan kebugaran, mencegah kelebihan berat badan, meningkatkan fungsi jantung, paru dan otot serta memperlambat proses penuaan

  1. Hindari minum minuman beralkohol

Akibat mengkonsumsi alcohol secara berlebihan diantannya, : terhambatnya proses penyerapan gizi, hilangnya zat-zat gizi yang penting, meskipun orang tersebut mengkonsumsi makanan bergizi dalam jumlah yang cukup, kurang gizi, penyakit gangguan hati,kerusakan saraf otak dan jaringan

  1. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan

Makanan yang AMAN adalah makanan yang bebas dari kuman dan bahan kimia berbahaya, serta tidak bertentangan dengan keyakinan masyarakat

  1. Bacalah label pada makanan yang dikemas
  2. . Beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dalam label makanan , diantannya: nama produk, sertifikasi halal, informasi gizi, komposisi & identifikasi produk.

Semoga dengan menerapkan anjuran dari 13 Dasar Gizi Seimbang akan bermanfaat bagi kesehatan kita semua…

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: